Langsung ke konten utama

Laporan Praktikum


CARA MEMBUAT LAPORAN PRAKTIKUM DAN CONTOH LAPRAK UJI FERMENTASI ALKOHOL 
 
Bagi kalian yang bingung gimana cara buat laprak, saya punya solsinya nih....
Saya menulis ini berdasarkan pengalaman yang sudah saya peroleh di bangku sekolah. Untuk membuat sebuah laporan praktikum harus termuat beberapa pokok bahasan berikut:
1.       Judul
2.       Latar belakang
3.       Rumusan masalah
4.       Tujuan
5.       Dasar teori/landasan teori
6.       Alat dan bahan
7.       Cara kerja
8.       Hasil
9.       Pembahasan
10.   Kesimpulan
11.   Saran
12.   Daftar pustaka
13.   Lampiran
 
Nah mari kita bahas satu persatu ya... Mulai dari judul, udah jelas ya kalau judul itu sangat penting karena dari judul kita bisa tau apa pokok bahasan dari sebuah laporan. Dan penulisan judul untuk laporan praktikum bisa ditulis biasa, seperti misal kamu melakukan uji fermentasi alkohol, dan kamu bisa menggunakan judul yang sama yaitu
LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI UJI FERMENTASI ALKOHOL
atau  bisa disesuaikan dengan tujuan praktikum. Maksudnya gimana? Maksudnya gini ya saya kasih contoh nih, misal kamu lagi nguji kinerja enzim katalase dari uji tersebut kamu pengen mengetahui pengaruh perbedaan ph terhadap kerja dari enzim katalase tersebut. Dan kamu bisa pake judul:
PENGARUH PERBEDAAN pH TERHADAP KERJA ENZIM KATALASE
Kemudian latar belakang masalah. Pada intinya suatu latar belakang masala itu membahas kenapa sih kamu melakukan uji eksperimen itu, tapi ya jangan alesannya karena disuruh guru itu kurang baik ya...  kita kan juga harus membuat laporan yang baik. Alasannya itu dibuat agak ilmiah gitu lah pokoknya.
Selanjutnya rumusan masalah, biasanya rumusan masalah tu berupa bertanyaan yang berhubungan dengan tujuan yang ingin diketahui, jadi pertanyaannya ada di rumusan masalah dan jawabannya ada di tujuan, misalnya:
1. Bagaimana pengaruh pH terhadap kinerja enzim katalase pada hati ayam?
Terus tujuan... udah disinggung diatas ya tujuannya .. misalnya pengen mengetahui pengaruh perbedaan ph terhadap kerja enzim katalase.. tapi di tujuan penulisannya harus lebih spesifikk ya.. misalnya gini nih:
1.Mengetahui pengaruh pH terhadap kinerja enzim katalase pada hati ayam.
Sementara dasar teori itu adalah teori-teori yangg kamu gunakan untuk membantu membahas hasil penelitiankamu. Bisa dari buku yang relevan atau juga dari jurnal, kalau bisa dari sumber yang terpercaya, kalau dari blog juga bisa sih.
Selanjutnya alat dan bahan , kamu tulis deh apa aja alat dan bahan yang kamu gunakan untuk melakukan praktikum tersebut juga kamu tulis langkah kerjanya secara spesifik, tapi jangan pake kalimat perintah ya.. pake kalimat deklaratif aja.. maksudnya gimana sih? Gini maksudnya
Jangan nulis siapkan dua siung bawang putih tapi tulis aja menyiapkan duah siung bawang putih.. paham kan?
Kamudian data dari praktikum kamu cantumkan di hasil. Kamu bisa buat tabel untuk mempermudahnya. Dan dibahas di pembahasan. Yang dibahas di pembahasan itu adalah alasan/ kenapa sih hasilnya bisa kaya gitu? Apa ppenyebabnya? Gimana kaitannya? Kamu jelasin deh semuanya menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu dan kamu kaitin deh sama dasar teori kamu. Kemudian kesimpulan. Ya tinggal kamu simpulin aja dari hasil dan pemahasan. Misal gini:
1Kesimpulan yang didapat dari percobaan yang telah peneliti lakukan yaitu pH berpengaruh terhadap kinerja enzim katalase pada hati ayam.
Saran sebenernya opsional sih, boleh ada boleh engga. Kalau mau di cantumin ya tulis aja saran apa yang ingin kamu sampaikan selama proses praktikum. Misalnya alatnya kurang akurat atau kamu juga bisa minta saran sama pembaca jika laporan kamu masih terdapat kekurangan.
Kemudian kamu tulis deh daftar pustakanya dengan urutan :
Nama.tahun.Judul.Kota.Penerbit
Aturannya: nama dibalik dikasih koma, kalau daftar pustakanya banyak diurutin berdasarkan abjad.antara kota dan penerbit dibisahan dengan titik dua,
Misal nama penulisnya Diah Anggita tahun 2007 judul buku Biologi SMA terbit di jakarta penerbit Erlangga
Menjadi:
Anggita,Diah.20007.Biologi SMA.Jakarta:Erlangga.

Dibawah ini saya punya contoh laporan praktikum yang saya berdasarkan pengalaman saya.
Jangan lupa untuk memberi cover di halaman pertama agar rapi.










LAPORAN PRAKTIKUM  BIOLOGI
UJI FERMENTASI ALKOHOL









Disusun Oleh :
Agustina Citra Windianingsih (02)
XII MIPA 7



DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMA NEGERI 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018




“UJI FERMENTASI ALKOHOL”

A.     LATAR BELAKANG

Katabolisme karbohidrat adalah pemecahan molekul karbohidrat mrenjadi unit-unit yang lebih kecil. Katabolisme karbohidrat meliputi proses pemecahan polisakaida menjadi monosakarida.Glukosa(monosakarida) yang telah dipecah selanjutnya digunakan sebagai substrat dalam proses respirasi untuk menghasilkan energi dalam bentuk ATP yang akan digunakan untuk aktivitas makhluk hidup. Proses respirasi sendiri terdapat dua jenis yaitu respirasi aerob dan respirasi anaerob.
Respirasi aerob merupakan peistiwa pembakaran zat yang melibatkan oksigen dan pernapasan, respirasi ini terjadi dalam empat tahap yaitu glikolisis,dekarboksilasi oksidatif,siklus krebs dan transpor elektron. Sedangkan respirasi anaerob merupakan respirasi yang tidak menggunakan oksigen sebagai penerima elektron akhir saat pembentulan ATP.
Fermentasi merupakan proses respirasi anaerob yang macamnya dibedakan berdasarkan pada hasil akhir dan prosesnya. Macam fermentasi yaitu fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat. Fermentasi alkohol hasil akhirnya berupa etanol, sementara fermentasi asam laktat hasil akhirnya berupa asam laktat. Dalam praktikum ini penulis melakukan uji fermentasi alkohol yang bertujuan untuk mengetahui perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah percobaan.

B.     RUMUSAN MASALAH

Dari latar belakang masalah diatas dapat disusun beberapa rumusan masalah sebagai berikut:

A.     Berapa lama waktu yang diperlukam umtuk  dapat terjadi reaksi?
B.     Bagaimana perbedaan larutan kapur + pp sebelum dan sesudah reaksi?
C.     Bagaimana perubahan yang dialami ragi + gula sebelum dan sesudah reaksi?

C.     TUJUAN

Adapun tujuan dari percobaan yang dilakukan yaitu:

1)      Untuk mengetahui lama waktu yang diperlukam umtuk  dapat terjadi reaksi
2)      Untuk mengetahui perbedaan larutan kapur + pp sebelum dan sesudah reaksi
D.     Untuk mengetahui perubahan yang dialami ragi + gula sebelum dan sesudah reaksi

D.     DASAR TEORI

Fermentasi adalah proses produksi energi dalam sel pada keadaan anaerob yang salah satu macamnya berupa fermentasi alkohol. Fermentasi alkohol berlangsung dengan bantuan ragi/khamir. Misalnya ragi Saccaromyces yang bersifat anaerob fakulatif yang biasanya hidup pada kondisi aerob namun juga dapat hidup pada kondisi anaerob jika tidak terdapat oksigen bebas di lingkungan. Selama proses fermentasi alkohol di dapatkan energi berupa ATP, yaitu 2 ATP untuk setiap molekul glukosa. Adapun reaksi yang terjadi yaitu:

(Buku Siswa Biologi 3 kelas XII SMA)
 
Glukosa                                  etanol+ 2CO2 + 2 ATP  



Kalsium Hidroksida adalah senyawa kimia dengan rumus Ca(OH)2. Kalsium ini dapat berupa kristal berwarna atau berupa bubuk putih. Larutan ini dihasilkan melalui reaksi kalsium hidroksida dengan air yang disebut juga air kapur yang bersifat basa sedang. Apabila larutan Ca(OH)2 dilewatkan karbondioksida (CO2) maka larutan tersebut akan berubah menjadi keruh, hal itu karena terdapat kalsium karbonat yang mengendap.


(Wikipedia 18:29)
 
 


Ragi merupakan organisme bersel tunggal yang dikelompokkan dalam famili jamur, sel ragi berkembang biask dengan cepat, tumbuhnya sel baru dimulai dengan tonjolan kecil di sepanjang sel induk. Beberapa jenis ragi tidak memerlukan oksigen untuk menghasilkan energi. Enzim tertentu dalam ragii bertindak untuk memecah molekul panjang ke unit yang lebih kecil, enzim lainnya memecah molekul gula ke dalam etil alkohol dan karbondioksida (CO2)
(Kliksma.com 18:31)
 
                   
(amazine.com 18:23)
 
Fenoletalein(pp) adalah asam ringan yang bisa digunakan dalam kegiatan medis dan ilmiah. Pp umumnya tidak dapat larut dalam air tetepi dapat larut dalam beberapa jenis alkohol seperti eter dan etanol. Jika larutan eter ini dicampur  dengan zat yang memiliki pH kisaran 8-10, warnanya akan berubah menjadi merah/pink, Jika pH 10 maka larutan akan berubah menjadi ungu.

(wikipedia 22:56)
 
Gula adalah ssalah satu jenis karbohidrat sederhana yang menjadi sumber energi dan komoditi pangan utama. Gula paling banyak diperdagangkan dalam bentuk komoditi kristal sukrosa padat. Gula sederhana seperti glukosa menyimpan energi yang dapat digunakan oleh sel.
                
E.     ALAT DAN BAHAN

Alat:
1.      Tabung Erlenmeyer ( 3 buah )
2.      Sedotan
3.      Penutup Erlenmeyer
4.      Pipet
5.      Spatula
Bahan:
1.      Gula pasir ( 10 gram )
2.      Fermipan ( 5 gram )
3.      Air
4.      Larutan kalsium hidroksida/kapur
5.      Fenoletalin (pp)
6.      Plastisin/vaselin


F.     CARA KERJA

1)      Mempersiapkan alat yang dibutuhkan
2)      Menimbang gula pasir 10gram, kemudian melarutkan dengan air di tabung erlenmeyer I
3)      Menambahkan fermipan sebanyak 5gram ke dalam tabung erlenmeyer I
4)      Disaat yang bersamaan persiapkanlah campuran larutan kapur 80ml dengan 5 tetes pp, dan letakkanlah dalam tabung erlenmeyer II DAN III
5)      Menghubungkan tabung erlenmeyer I dan II dengan sedotan yang sudah dirangkai, kemudian tutup rapat dengan penutup erlenmeyer dan plastin
6)      Mengamati perubahan yang terjadi, mengamati perbedaan tabung erlenmeyer  II       ( yang bereaksi)  dan erlenmeyer III ( yang tidak bereaksi)
7)      Mencatat perubahan yang terjadi

G.    HASIL

Adapun hasil yang diperoleh dari pengamatan selama percobaan adalah sebagai berikut:
No
Keadaan larutan kapur + pp
Sebelum reaksi
Sesudah reaksi
1
Berwarna ungu
Bening
2
Ada endapan
Endapan semakin banyak







No
Keadaan larutan glukosa + fermipan
Sebelum reaksi
Sesudah reaksi
1
Berwarna ungu
Bening
2
Ada endapan
Endapan semakin banyak







H.    PEMBAHASAN

Dari pengamatan yang telah dilakukan diketahui bahwa waktu yang diperlukan untuk dapat terjadi reaksi dan timbulnya perubahan perubahan pada tabung erlenmeyer dibutuhkan waktu selama 30 menit. Itu berarti dalam 30 menit telah didapatkan suatu produk dari reaktan yang bereaksi

Kita juga dapat mengetahui bahwa terdapat perbedaan antara larutan pp dan kapur sebelum dan sesudah reaksi  seperti yang tertera pada hasil yaitu sebelum reaksi berwarna ungu dan sesudah reaksi berwarna bening, hal itu dapat terjadi karena pada proses fermentasi menghasilkan CO2 yang mana membuat air kapur mengikat CO2 tersebut dan membentuk H2O sehingga setelah reaksi akan didapati air yang semakin bening.

Selain itu juga didapati endapan kalsium karbonat yang semakin banyak hal itu membuktikan bahwa proses fermentasi tersebut memang menghasilkan CO2, karena berdasarkan teori yang relevan, air kapur akan mengendap bila dilewatkan CO2. Sesuai persamaan rekasi:

Ca(OH)2 + CO2                                 CaCO3 + H2O

Kita juga dapat mengetahui bahwa terjadi perubahan pada keadaan larutan gula + fermipan sebelum dan sesudah reaksi yaitu bertambah keruhnya warna larutan tersebut setelah terjadi rekasi hal itu menandakan terjadinya proses fermentasi oleh fermipan, sesuai rekasi:

C6H12O6                                   2C2H5OH + 2CO2  + 2NADH +ENERGI

I.       KESIMPULAN

Dalam proses fermentasi alkohol, larutan gula + fermipan akan menjadi keruh dan berbusa setelah reaksi. Sementara pada larutan pp + kapur menjadi lebih bening setelah reaksi dan untuk dapat terjadi reksi dibutuhkan waktu yang lama yaitu 30 menit.

DAFTAR PUSTAKA

amazine.com.2017.Fenolptalein.29 Agustus 2017 pukul 17.21 WIB.
Aryuliana,Diah.2007.Biologi SMA dan MA kelas XII.Jakarta:erlangga,esis.
Ferniah,Rejeki Siti.2014.Buku Siswa Menjelajah Dunia Biologi 3.Solo:PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
kliksma.com.2017.Ragi.29 Agustus 2017 pukul 17.14 WIB.
Wiipedia Indonesia.2017.Gula dan kalsium hidroksida. 29 Agustus pukul 16.45 WIB.








Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q.ME
    paling diminati di Indonesia, ::))
    di sini kami menyediakan 9 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-Q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    ~sakong
    ~aduQ
    ~capsa susun
    ~perang baccarat (new game)
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile :d
    Whatshapp : +85515373217 :* (f)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Puncak Sosok Jogja

  Puncak sosok      Destinasi wisata yang terletak di daerah Bawuran,Pleret,Bantul ini belakangan menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Puncak sosok memiliki daya tarik tersendiri, khususnya bagi para anak muda. Di tempat ini terdapat pertunjukan akustik setiap malamnya, pertunjukkan dilakukan di atas panggung bambu nan estetik. Pertunjukkan biasanya diisi oleh band anak muda lokal dari Jogja. Selain musiknya yang menjadi daya tarik, pemandangan yang disuguhkan pun sangat menarik. Dari puncak sana kita bisa melihat kemerlip lampu kota. Selain itu, terdapat spot untuk bersantai berupa kursi-kursi dari kayu. Tetapi apabila kehabisan slot untuk duduk di kursi, anda bisa menyewa tikar yang ditwarkan disana. Harganya terjangkau hanya dengan Rp.5000 anda sudah bisa menyewa tikar untuk bersantai bersama teman dan bersama pengunjung lain. Untuk biaya masuknya dikenakan tarif seikhlasnya. Gimana ga seneng deh dateng ke tempat ini, terjangkau banget di kantong. Sambil kita meli

Cerkak Aku sing salah

AKU SING SALAH By: Agustina Citra Windianingsih Ing salah sawijining dina nalika umurku kira-kira 9 taun, aku dolanan ingkling dhewekan ana ing plataran omah sinambi ngulatake obahe srengenge kang saya medun tumuju kulon, langite ketok sansaya kuning, endah menawa didelokake, aku krungu swarane bapak nimbali aku, dumadakan aku mungkasi anggonku dolanan banjur nyedhaki bapak “Ana apa pak? Kok nimbali aku?” takonku kepengen ngerti “ayo melu bapak menyang blmbang, kowe seneng to nek dolanan neng blumbang,sisan bapak arep niliki sawah sek cerak blumbang” “nggih pak, ayo” wangsulanku karo mlaku cepet tumuju blumbang, durung let sue aku mlaku, adhiku klayu, dheweke banjur nututi aku lan bapak, blumbange pancen ora pati adoh saka ngomah kira-kira sekilo saka ngomah dadi aku lan bapak namung mlaku,nanging adhiku ora gelem menawa dikon mlaku dheweke lagi seneng-senenge numpak pit. Tekane blumbang pranyata kanca-kancaku wes padha dolanan ing ngisor wit pelem , dumadakan aku malayu n

Bening lan mas ahmad

BENING LAN MAS AHMAD Nalika srengenge lagi wae jedul saka sisih wetan, ditututi klurukan jago salip-salipan, adan uga dikumandangake, Bening kang biasane wayah subuh wis tangi, ketok iseh aras-arasen dikancani iluh kang isih tumetes deres ing pipine. Bening menika salah satunggaling santriwati kang mondok ing Tsanawiyah Jombang, durung suwe dheweke lulus lan nerusake kuliah ing kutha Ngayogyakarta, kutha kang dadi saksi nalika dheweke pisanan weruh kauripan ing dunya. Seminggu iki Bening pancen rada beda, dheweke luwih seneng ndhekem ing kamare karo tetangisan, padahal Bening sejatine bocah kang ceria lan saged ngawe kanca-kancane ngguyu kepingkel-pingkel yen dheweke lagi cerita nyrocos. Ananging ora ana sing ngerti kepriye Bening nalika dheweke ing kamar, mung guling lan tembok kang nyekseni Bening nalika lagi miyur atine. Bening pancen pinter yen ndhelikake kasusahane ing ngarepe kanca-kancane amarga dheweke ora kepingin ngrepoti kancane. Bening menika namung urip dhewe ing